Ini Sedekah Sampah di Sekolahku, Bagaimana dengan Sekolahmu

Ini Sedekah Sampah di Sekolahku, Bagaimana dengan Sekolahmu?

SDIT Miftahul Ulum Cinere Depok adalah Sekolah Adiwiyata Nasional 2020. Dalam kurun waktu 4 tahun ini terus berbenah untuk menyiapkan diri menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri 2024. Dalam rangka mendukung dan mengapresiasi kegiatan Adiwiyata di sekolah, maka peserta didik diajak ikut serta melaksanakan kegitan Adiwiyata selama 5 hari di sekolah.

Untuk hari Kamis kegiatan Adiwiyatanya adalah sedekah sampah. Peserta didik membawa sampah dari rumah masing-masing. Sampah yang boleh disedekahkan adalah sampah botol plastik, gelas plastik, kemasan plastik, kardus, koran, majalah, dan beberapa sampah elektronik.

Sesungguhnya membiasakan sedekah sampah di sekolah adalah sebuah inisiatif kreatif untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan dan solidaritas sosial.
Sedekah sampah merupakan sebuah konsep inovatif yang menggabungkan nilai-nilai kepedulian lingkungan dan solidaritas sosial.

Dalam konteks sekolah, program sedekah sampah dapat menjadi sarana edukasi yang efektif untuk menanamkan kebiasaan positif pada siswa sejak dini. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari program sedekah sampah di sekolah:

1. Meningkatkan Kesadaran Lingkungan:
Siswa belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan dampak negatif dari sampah. Mereka terdorong untuk memilah dan mengelola sampah dengan bertanggung jawab. Program ini dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

2. Menumbuhkan Solidaritas Sosial:
Sampah yang dikumpulkan dapat didaur ulang atau diolah menjadi produk bermanfaat yang kemudian disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini menumbuhkan rasa empati dan kepedulian sosial di kalangan siswa. Mereka belajar tentang pentingnya saling membantu dan berkontribusi bagi komunitas.

3. Mendorong Kreativitas dan Inovasi:
Siswa dapat terlibat dalam proses kreatif daur ulang dan pengolahan sampah menjadi produk baru.
Hal ini mendorong mereka untuk berpikir kritis, inovatif, dan mencari solusi kreatif untuk permasalahan lingkungan. Program ini dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan potensi mereka.

4. Memperkuat Pendidik Karakter:
Sedekah sampah sejalan dengan nilai-nilai luhur seperti kepedulian, tanggung jawab, dan gotong royong.
Program ini dapat membantu memperkuat pendidikan karakter siswa dan membekali mereka dengan bekal penting untuk masa depan.

Adapun langkah-langkah memulai program sedekah sampah di sekolah sebagai berikut:
– Sosialisasi dan Edukasi:
Lakukan sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan di sekolah, termasuk siswa, guru, staf, dan orang tua. Edukasi mereka tentang tujuan, manfaat, dan cara pelaksanaan program sedekah sampah.

– Pembentukan Tim:
Bentuk tim khusus yang bertanggung jawab untuk mengelola program sedekah sampah. Tim ini dapat terdiri dari guru, staf, dan siswa yang terpilih.

– Penyediaan Sarana dan Prasarana:
Sediakan tempat sampah khusus untuk menampung sampah yang akan didaur ulang atau diolah. Pastikan tempat sampah tersebut mudah diakses oleh siswa.

– Kerjasama dengan Pihak Luar:
Jalin kerjasama dengan pihak luar seperti bank sampah, komunitas lingkungan, atau organisasi nirlaba untuk membantu proses daur ulang dan pengolahan sampah.

– Penyelenggaraan Kegiatan:
Adakan kegiatan edukasi dan pelatihan terkait daur ulang dan pengolahan sampah kepada siswa. Libatkan siswa dalam seluruh proses program sedekah sampah, mulai dari pengumpulan, pemilahan, hingga pengolahan sampah.

– Pendistribusian Hasil:
Distribusikan hasil daur ulang atau pengolahan sampah kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan kegiatan bakti sosial atau kerjasama dengan lembaga sosial.

– Monitoring dan Evaluasi:
Lakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk memastikan program sedekah sampah berjalan dengan efektif dan mencapai tujuan yang diharapkan.

(Mudz)

Bagikan :

Artikel Lainnya

Pengembangan Inovasi Siswa Melal...
Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) menjadi ajang pertu...
Semarak Hari Lingkungan Hidup Se...
Prestasi Adiwiyata SDIT Miftahul Ulum (SDIT MU) Cinere Depok t...
Save Energy Save Us
Berbagai kegiatan kita sehari-hari tidak lepas dari penggunaan...
Pembinaan Sekolah Imbas Adiwiyata
Adiwiyata secara global dikenal dengan Green School, merupakan...
Dukung Sekolah Adiwiyata, SDIT M...
SDIT Miftahul Ulum (SDIT MU) yang beralamat di Jl. Musholla At...
Minyak Jelantah Jadi Primadona
Minyak Jelantah (Mijel) Jadi Primadona SDIT Miftahul Ulum Cine...

Hubungi kami di : 081585985800

Kirim email ke kamiinfo@sditmiftahululum.sch.id

Download APP SDIT MIFTAHUL ULUM

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman